dancing with the paint

Yuuuuppp, dancing with the paint…

Hari ini, kami bermain dengan menggunakan cat dan lagu…

Semula berasal dari tenggah tertariknya anak-anak mengeksplorasi cat. Mulai dari mengecat dengan cara manual (memakai kuas dan kertas,hingga ke cara yang tidak biasa)

Kertas, bata, batu, tembok dan lantai sudah kami coba. Hingga suatu kali saya membaca artikel tentang melukis dengan menggunakan kain bekas.

Hmmm, cari saya cari dan saya menemukan selimut bekas.. Bukan selimut polos sih seperti yang saya inginkan, namun cukup lebar untuk dipakai bersenang-senang dengan teman teman Canting. Okey! Selimut sudah dapat kemudian mari kita cari cat nya.

Untuk cat, saya sengaja tidak menggunakan bahan finger painting yang biasa dipakai. Saya mencoba membuat cat sendiri dengan menggunakan tepung maizena (atawa tepung jagung) yang dicampur dengan air hangat (supaya sedikit mengental) dan tentu saja pewarna makanan yang ramah anak. Sudah sejak lama saya mengganti penggunaan zat warna buatan dengan zat warna makanan supaya lebih aman ketika kemudian anak-anak terlalu aktif dan entah dengan sengaja atau tidak memasukkan bahan ke dalam mulutnya.. (Yup, kadang kita tak bisa mengira kan kekuatan dan keleluasaan eksplorasi mereka??) . Memang sih menggunakan perwarna makanan ini menghasilkan warna yang tidak segonjreng warna yang dihasilkan oleh pewarna kain atau sintetis. But, the most important thing nya adalah kesenangan bereksplorasi dan suasana aman yang tercipta bukannnn?? Hehehhee

Wokey, cat sudah.. Selimut sudah.. Dan masih ada yang kurangggg… Yupppp! Music! Hidup tak akan ceria jika tanpa iringan music. Dan musik yang pas akan membuat suasana bermain dan belajar akan menyenangkan.. Pilih-pilih-pilih dan tersimpanlah di dalam sdcard music box.. Siap buat diputar…

And, here we are…
Selimut bekas kami bentangkan, dialasi dengan tikar sebelumnya.. Cat sengaja kami taruh di baki besar.. Karena hari ini kami mau bereksplorasi dengan kaki, menyesuaikan dengan tema tubuhku yang sedang berjalan..

Anak-anak pun berdatangan, ada yang sudah curi-curi kesempatan ingin mencolak colek cat.. Dan bahkan ada yang iseng melepas selotip untuk menempelkan selimut 😀

Berdoa, dan seperti biasa aturan kesepakatan… Apa yang akan dilakukan dan bagaimana menjaga kawan supaya bisa ikut merasakan kesenangannya bersma-sma. And the music on and the playing was begun.

Awalnya sih masih tertata, masing-masing mengikuti pola hentakan kaki, lompatan yang disesuaikan dengan ritme music.. Namun, 15 menit berselang.. Kami tak sabar untuk memenuhi selimut yang masih kosong dengan kaki kami yang berlumuran cat 😀 and it was so fun!!!

*selamat mencoba di rumah, kawans :)*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s